Syok dalam Kebidanan

 a. Pengertian Syok
Syok adalah suatu keadaan disebabkan gangguan sirkulasi darah ke dalam jaringan sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi jaringan dan tidak mampu mengeluarkan hasil metabolisme. Penyebab syok dalam kebidanan terbanyak adalah perdarahan, lalu neurogenik, kardiogenik, endotoksik, anafilaktik, dan penyebab syok lain seperti emboli air ketuban. Gejala klinik pada umumnya sama, yaitu tekanan darah turun, nadi cepat dan lemah, pucat, keringat dingin, sianosis jari, sesak, penglihatan kabur, gelisah, dan oligouri.


b. Jenis - Jenis Syok
     1. Syok Hemoragik
 Adalah syok yang disebabkan perdarahan yang banyak, yang dapat disebabkan oleh perdarahan pada kehamilan muda, antepartum, atau pasca persalinan. Gejala klinik tergantung jumlah perdarahan yang terjadi. Tanda syok ringan dapat ditemukan dengan tilt test yaitu terjadi hipotensi bila duduk dan atau takikardi, sedangkan saat berbaring masih normal.

    2. Syok Endotoksik (Syok Septik)
Adalah suatu gangguan menyeluruh pembuluh darah disebabkan oleh lepasnya toksin. Sebagian besar disebabkan bakteri gram negatif (E.Coli, Pseudomonas Aeruginosa, Klebsiela), dapat juga disebabkan oleh bakteri gram positif, virus, atau jamur.

    3.Syok Kardiogenik
Adalah syok yang terjadi karena kontraksi otot jantung yang tidak efektif, yang disebabkan oleh infark otot jantung dan kegagalan jantung. Penyebab utama adalah penyakit pembuluh darah berat pada penyakit katup jantung. Tanda klinis : dilatasi vena leher, dispnea, desah sistol dan diastol, dan edema menyeluruh.

     4. Syok Neurogenik
Adalah syok yang terjadi karena rasa sakit yang berat. Dapat disebabkan oleh KET, solusio plasenta, persalinan dengan forseps, ruptur uteri, inversi uteri akut, dll.

     5. Syok Anafilaktik
Adalah syok yang terjadi akibat hipersensitif/alergi obat.

    6. Emboli Air Ketuban 
Adalah masuknya cairan amnion ke dalam sirkulasi ibu, menyebabkan kolaps pada ibu saat persalinan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar